Cerita dari Tempat Les

Monday, August 02, 2010

udah lama banget nih ga nulis disini. udah lama juga ga nulis pake Bahasa Indonesia. walaupun di siang hari ini gue ga dapet feel buat nulis, tapi mungkin untuk mancing perlu dipaksa buat nulis kali yeh.

mungkin gue perlu cerita kenapa udah lama banget gue engga nulis disini.

karena semenjak gue pulang dari Manila bulan Maret lalu, gue mengisi waktu (dan tabungan) gue dengan bekerja di sebuah tempat les. nah yang namanya tempat les, jam buka dan jam kerjanya cukup tidak biasa. para guru harus masuk jam 10 pagi dan pulang jam 7 malam. nah enaknya sih gue bisa bangun siang gitu kan ahahaha. tapi ga enaknya adalah ketika gue pulang jam 7 malam, badan dan pikiran rasanya udah cape banget akibat memeras kesabaran menghadapi anak-anak umur 4-6 tahun seharian. alhasil kegiatan gue ketika pulang kerja adalah kegiatan-kegiatan pasif misalnya, baca-baca kaskus, facebook, atau nonton film di bioskop ato di komputer. kegiatan aktif macam menulis blog udah engga bisa gue lakukan lagi akibat lemahnya pikiran. hehe.



 tapi beneran yaaa ngajar anak-anak itu benar-benar menguras tenaga dan pikiran loh. anak yang gue ajar emank umurnya masih main-main gitu sih. kalo ga main-main ya kebanyakan bengongnya. emank sih setiap anak cuma dapet satu jam belajar dan belajar dengan booklet yang udah kami sediakan. tapi kan kami sebagai guru maunya mereka datang untuk dapat sesuatu, bukan cuma dengan bengong atau main-main doank. jadi tetep deh kami berusaha keras agar mereka tetep ngerjain booklet mereka. walaupun memang ada sih beberapa anak yang emank sulit dikontrol banget, gue kalo kebetulan lagi megang salah satu anak itu lebih milih ga ambil pusing, udah biarin aja dia main-main ampe cape sendiri baru deh suru kerjain walaupun cuma lima belas menit. haha.

oya sistem ngajar disitu bukan sistem kelas dimana siswa datang pada jam tertentu dan guru mengajar di depan. bukan. tapi kaya private gitu loh. murid boleh datang jam berapapun, maksimal satu jam di kelas. dan satu guru bisa ngajar 3-5 anak sekaligus di meja berbentuk huruf U. kalo ngajar satu anak oke lah. tapi kalo lagi "sial" dapet lima anak sekaligus, wah bisa naik darah turun ingus tuh. haha!

kebetulan bulan Juni dan Juli kemarin adalah liburan, jadi anak yang dateng engga terlalu banyak. mereka datang di jam 10 dan mulai sepi di jam 4 atau 5 sore. jadi guru2 bisa pulang cepet, jam 6 udah bisa angkat kaki. hehe. nah di bulan April-Mei itu tuh yang udah kaya perang. tapi enaknya sih karena anak-anak masih sekolah, mereka baru mulai datang jam 12an. jadi kami masih bisa nonton Law & Order dulu, hehe. tapi abis itu ya kerja rodi sampe matahari tenggelam.

nah ga enaknya lagi, XL gue yang dodol itu selama di dalam tempat les sama sekali engga dapet sinyal. daripada ngabisin batre, akhirnya gue offline. beruntung ada wifi yang dipake sama admin, jadi gue nebeng internetan aja. kalo lagi ga ada murid atau gue lagi naik darah, langsung deh buka fb ato twiteran ahahaha. gue rajin nge-tweet ya cuma di tempat les aja tuh. tapi gara-gara wifi itu, wacana gue jadi terbuka luas karena tiap hari gue selalu buka kompas, vivanews, ama kaskus. jadi update banget deh dengan berita-berita, hehe.

empat bulan kerja di tempat les, gue banyak nemuin hal-hal menarik sih. rasanya hal-hal menarik yang gue dapatkan itu bisa dijadikan sebagai cerminan pendidikan di Indonesia. nanti deh kalo gue udah dapet feel, gue akan tulis.

oya, bulan Agustus ini gue udah resign. karena nanti gue akan berangkat di tanggal 31 Agustus dan tanggal 11-20 pun gue akan ke Bali. lagipula dengan gue resign, gue ingin menambah waktu untuk diri gue sendiri, entah itu untuk persiapan gue ke UK atau waktu "me-time" yang salah satunya dengan menulis ini. gitu.

You Might Also Like

0 comment(s)

About Me

Timo - a full-time explorer, a part-time writer, a film programmer, a movie passionate, an author of Sobekan Tiket Bioskop

Subscribe