Ketika Memasuki "Film Awards Season"

Thursday, December 12, 2013

Gue bisa jadi overexcited kalau membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan Film Awards Season. Mulai dari Golden Globe, BAFTA, sampe ke Oscar. Wuuuuu mulut bisa sampe berbusa mengungkapkan kesenangan gue karena film-film jagoan gue bisa dapet banyak nominasi. Apalagi berbagai prediksi mulai dari prediksi ngawur sampe prediksi sotoy pun keluar. Sok tahu pula sampe ngeliat ke sejarah si penerima nominasi, sejarah penghargaan itu lebih condong ngasih piala ke film yang kaya gimana dll dkk dst. Seru banget!

Gue inget masa pas Golden Globe 2011, jaman-jamannya The Social Network dan The King's Speech yang saingan ketat. Berhubung pas tahun itu gue tinggal di Inggris dan terekspos dengan film banget, jadi 75% film yang masuk di berbagai nominasi di berbagai award gue udah nonton semua tuh. Karena udah tau luar-dalamnya, berbagai prediksi pun keluar. Nah pas nonton acara penghargaannya, shit banget walaupun udah tinggal di UK tapi tetep mesti nonton streaming ilegal dari internet gimana coba?? Karena gue ga bisa nonton di tipi karena ga langganan tipi kabel eh buset.

Nah gue inget tuh pas nonton siaran langsung acara penghargaannya, malem-malem di jam yang pas (ga mesti begadang kaya kalo nonton siaran langsungnya di Indo), sendiri di kamar di depan laptop. Yang ada, gue selalu kaya tereak-tereak sendiri kalo akhirnya jagoan gue disebut sebagai pemenang! Atau tereak kecewa karena jagoan gue kalah. Buset serunya udah kaya nonton bola, padahal gue kalo nonton bola juga ga segitu-gitu amat ahahaha. Sampe besok paginya, housemate gue nanya 
Doi: So which team won the game last night, Timo?
Gue: Game? what game?
Doi: Last night. I heard you screaming like YEAAAY and AAAAHH
Gue: Oooh! No it's not a game. Uh. Ummm. It's an Oscar show award...

Menariknya, walaupun kayaknya gue menemukan hal yang benar-benar bisa membuat gue berbusa-busa kalau membicarakan hal tersebut, tapi sulit bagi gue untuk berbagi cerita tentang ini ke orang lain. Setidaknya ke social circle terdekat gue, yang artinya; conversation WhatsApp-nya ada di deretan atas. Sulitnya karena simply beda selera film dan beda hobi sih. Ketika gue bilang Gravity itu bagus banget dan wajib nonton berkali-kali, mereka-mereka merespon dengan biasa aja. Jauh dari respon gue yang sampe membingkai posternya dan dipajang di dinding kamar gue, bersanding dengan poster-poster film yang layak pajang. Nah apalagi ngomongin Awards Season. Ya mereka memang notice ada Oscar dan Golden Globes. Tapi ya gue ngerti tingkat kepedulian mereka tidak setinggi gue. And I appreciate them for that, well by not talking too much about that. Hehe.

Kenapa ga cari social circle baru yang cocok buat ngomongin film, mo? Percayalah, gue sudah pernah melakukan itu. Sayangnya ada dua hal yang jadi halangan besar dan akhirnya membuat gue mundur. Satu, geografi. Berhubung kebanyakan anak-anak pecinta film itu gape banget ikut acara-acara yang berhubungan dengan film, dan kebanyakan acara-acara itu diadakan di daerah paling gaul di ibukotah kitah inih, jadinya ya anak-anak itu kebanyakan dari Selatan Jakarta. Kalo mereka ngumpul pun ya di daerah sanah, yang ngujubileh bin jalik ujung ke ujung sama domisili gueh. Jauh. Macet. Males. Bleh.

Dua, gue minder. Titik.

Haha.
Mungkin baru kali itu yak dimana gue ketemu orang-orang yang selera filmnya beda jauh sama gue. Nah ini mungkin gue merasakan hal yang kaya "anjir dari semua judul film yang mereka omongin, gue ga pernah denger semuaaa" atau "shit gue ga ngerti mereka ngomongin apaan cobaaaa". Intinya, yak gue menyerah pada keadaan, gue tidak berusaha, dan gue memilih untuk berada di dalam zona nyaman gueh.

Dan ini konsekuensinya. I have to live by myself. HAHA!

Ya bukan sama sekali ga ada orang yang bisa gue ajak ngobrol asik soal award thingy sih. Yah well, cuma 2-3 orang sih. Tapi itu pun maksimal sebatas twitter dan fb deh. Maksud gueh, bukanya bakal lebih enak ya kalo bisa ngobrol seru at least di WhatsApp deh ya ga sih? Ya kan? Iya aja deeeeh.

Yaaah masih ada sih satu lagi yang bisa diajak ngobrol asik. Sempet lupa euy kalo gue punya yang namanya...

Elmo's Avenue!

Ahahahaha terakhir gue nulis di blog ini di bulan Mei coba. Sungguh TER-LA-LU! Nyaris setengah tahun gue ga nulis kenapa coba kenapaaaaa hayooooo!

Yawdadeh gitu aja.

BTW gue nulis ini karena tadi baru ada pengumuman nominasi Golden Globe 2014 gitu dan gue overexcited sampe bingung mesti cerita ke siapa. Yawdalah ke blog aja gitu kan yang ga bakal bisa respon apa-apa juga. Setidaknya hasrat untuk curhat gue terpuaskan. Yeah!


You Might Also Like

0 comment(s)

About Me

Timo - a full-time explorer, a part-time writer, a film programmer, a movie passionate, an author of Sobekan Tiket Bioskop